Gibran Rakabuming Raka Minta Maaf Terkait Heboh Salah Sebut Asam Folat Jadi Sulfat untuk Ibu Hamil

12 minggu lalu

TRIBUN-VIDEO.COM - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, belakangan ini jadi sorotan karena salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat sebagai zat yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Rekaman video soal pernyataan Gibran tersebut pun kemudian viral di media sosial.

Sebelumnya, kejadian tersebut berawal dari Gibran yang mengkampanyekan programnya, yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk ibu dan anak saat mengisi acara diskusi ekonomi kreatif pada Minggu (3/12/2023) di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

Ketika hamil harus dicek dia misalnya asam sulfat, yodiumnya terpenuhi enggak. Ketika anaknya lahir sampai 2 tahun ASI-nya terpenuhi gak, berat badannya tinggi badannya oke gak, kata Gibran.

Pernyataan Gibran itu kemudian mendapatkan tanggapan dari berbagai pihak, ada dari kubu Prabowo Subianto-Gibran yang turut memberikan penjelasan.

Bahkan, calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan juga memberikan tanggapan.

Adapun, atas pernyataannya yang salah itu, Gibran kemudian menyampaikan permintaan maaf karena salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat.

Klarifikasi itu, disampaikan Gibran seusai kegiatan badminton di GBK Arena, Senayan, Jakarta Pusat pada Senin (4/12/2023).

Gibran, pada saat yang sama juga memohon agar pernyataannya terkait salah penyebutan asam folat itu untuk dikoreksi.

“Apa sih kemarin saya menyebutnya? Asam sulfat ya. Ya mohon maaf, mohon dikoreksi ya,” kata Gibran usai badminton di GBK Arena, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2023).

Lebih lanjut, Gibran juga memberikan tanggapan setelah videonya itu tersebar di media sosial.

Wali Kota Solo itu mengakui jika ia salah sebut, di mana seharusnya zat untuk ibu hamil adalah asam folat, bukan asam sulfat.

Sebagai informasi, asam folat sendiri merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks yang baik untuk kesehatan perempuan.

Bagi ibu hamil, asam folat termasuk asupan terpenting selain zat besi, kalsium, dan mineral.

Sementara itu, asam sulfat (H2SO4) merupakan cairan berbahaya yang sering dipakai dalam pembuatan aki, pupuk, pulp, dan kertas.

Jenis cairan ini juga banyak digunakan dalam industri kimia dan pupuk.

Paparan asam sulfat baik dalam jumlah kecil maupun besar, dapat merusak pernapasan hingga menyebabkan kematian.

(Tribun-Video.com/Tribunnews.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Fakta Gibran Salah Sebut Asam Sulfat untuk Ibu Hamil, Sampaikan Minta Maaf hingga Kena Sindir Anies, https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2023/12/06/fakta-gibran-salah-sebut-asam-sulfat-untuk-ibu-hamil-sampaikan-minta-maaf-hingga-kena-sindir-anies.

Penulis: Rifqah

Editor: Garudea Prabawati

Host: Nina Agustina

VP: Rania A.

Sarapan di Ketinggian 230 Meter, Seperti Apa Rasanya?
Oke