Presiden Turki Menyebut Israel Harus Diadili di Pengadilan Internasional atas Kejahatan di Gaza

13 minggu lalu

TRIBUN-VIDEO.COM - Pada Selasa (28/11/2023), Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menyampaikan kepada Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres terkait Israel.

Dilansir dari Alarabiya.net, Erdogan mengatakan kepada pihak PBB tersebut, bahwa menurutnya Israel harus bertanggung jawab di pengadilan internasional.

Yakni, terkait apa yang disebutnya sebagai kejahatan perang yang dilakukan oleh Israel di Gaza.

Seperti diketahui, Israel telah melancarkan serangan melalui udara dan darat terhadap militan Hamas di Gaza.

Atas serangan tersebut, menurut otoritas kesehatan Gaza, sudah lebih dari 15.000 orang di Gaza menjadi korban tewas.

Adapun, serangan tersebut dilancarkan setelah Hamas membombardir wilayah Israel Selatan pada (7/10) lalu yang kemudian menewaskan sekitar 1.200 orang serta menyandera 240 lainnya.

Dikabarkan, menjelang pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai Gaza yang direncanakan pada hari Rabu (29/11), Erdogan dan Guterres sempat melakukan percakapan melalui telepon.

Mereka, membahas soal harapan komunitas internasional mengenai serangan ilegal Israel.

Lebih lanjut, mereka juga membahas terkait akses bantuan kemanusiaan ke wilayah Gaza yang diserang serta upaya untuk perdamaian abadi.

“Selama panggilan telepon tersebut, Presiden Erdogan mengatakan bahwa Israel tanpa malu-malu terus menginjak-injak hukum internasional, hukum perang, dan hukum kemanusiaan internasional dengan memandang mata komunitas internasional, dan Israel harus bertanggung jawab atas kejahatan yang dilakukannya di hadapan dunia. hukum internasional,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Turki menyatakan bahwa Menteri Luar Negerinya, Hakan Fidan akan menghadiri pertemuan Dewan Keamanan PBB di New York.

Dalam sebuah pernyataan, mereka menambahkan bahwa Hakan Fidan juga akan mengadakan pertemuan dengan rekan-rekannya sebagai bagian dari kelompok kontak beberapa negara Muslim, yang dibentuk oleh Liga Arab dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) bulan ini.

Yakni, pertemuan untuk membahas terkait Gaza, bersama dengan negara-negara Barat serta negara-negara Islam yang lain.

Adapun, Turki sendiri telah mengecam keras serangan Israel di Gaza.

Pihaknya bahkan juga menyerukan gencatan senjata segera untuk memungkinkan diskusi mengenai solusi dua negara terhadap konflik Israel-Palestina yang lebih luas.

Presiden Erdogan menyebut, serangan Israel di Gaza sebagai genosida dan menuduh Israel sebagai “negara teror.”

Menanggapi hal itu, Israel menolak tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa mereka justru bertindak untuk membela diri terhadap musuh yang bertekad menghancurkan negaranya.

(Tribun-Video.com/alarabiya.net)

Artikel ini telah tayang di alarabiya.net dengan judul Erdogan tells UN Israel must be tried in international courts over Gaza crimes,

https://english.alarabiya.net/News/middle-east/2023/11/28/Erdogan-tells-UN-Israel-must-be-tried-in-international-courts-over-Gaza-crimes

Host: Nina Agustina

VP: Ika Vidya

#erdoğan #receptayyiperdoğan #turkey #türkiye #gaza #gazaunderattack #israel #hamasvsisrael #hamas #alqassam #idf #palestine #israelpalestineconflict #palestina #ceasefire #ceasefirenow

Sarapan di Ketinggian 230 Meter, Seperti Apa Rasanya?
Oke